Tolak Hapus Data Bila Terdapat Record di MySQL Dengan PHP

19.46 Gusti Ardias Riantono 1 Comments

Tolak Hapus Data Bila Terdapat Record di MySQL Dengan PHP - Judul yang sangat panjang ya sobat, saya bingung memberikan nama apa yang pas untuk artikel ini. Sobat pernah membuat script untuk menghapus data di php? pernah membuat hapus data tapi tidak bisa menghapus data tersebut apabila data tersebut masih berelasi di tabel lain? hehe bila belum saya akan berikan di artikel ini.
Tolak Hapus Data Bila Terdapat Record di MySQL Dengan PHP
Langsung saja ya, kodenya ada dibawah ini

Sedikit penjelasan dari saya,
1. namakoneksi.php itu kalian ganti dengan nama koneksi kalian
2. kodeacuan itu biasanya nama kode primary yang di database contoh: kd_barang, nip, nis, dll, tabelsatu
3. tabelsatu, tabeldua, tabeltiga, tabelempat itu tabel dimana yang ada kodeacuan, jadi ketika pada tabel tersebut terdapat record dan masih berelasi dengan kodeacuan maka data yang kita hapus tidak akan bisa dihapus. Kecuali jika memang pada tabel tersebut belum ada record jadi bisa kita hapus
4. tabelutama itu tabel dimana kodeacuan yang pertama kita akan hapus
5. <script language="javascript">document.location.href="?page=entri&status=gagal";</script> bisa kalian ganti dengan pesan error dan pesan berhasil. Sudah saya sertakan di kode diatas mana pembertahuan data gagal dan data berhasil dihapus

Untuk membuat tombol hapusnya bisa dilihat pada kode dibawah ini

#Info index.php?page=entri itu tergantung dari nama file sobat ya :)
Nah begitu kira-kira caranya. Oh iya sobat, saya juga masih tahap belajar jika ada salah kata mohon dimaafkan dan bisa dikoreksi pada kolom komentar ya :)
Semoga bermanfaat~

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus